Penyakit Kaki Gajah Atau Filariasis

Penyakit Kaki Gajah Atau Filariasis – Penyakit kaki gajah adalah penyakit yang ditandai dengan gejala sepert menggelembungnya bagian badan yang terjadi secara perlahan-lahan misalnya seperti karet dan menyebabkan kaki terlihat seperti kaki gajah. Penyakit ini disebabkan karena sejenis cacing benang putih yang ditularkan melalui nyamuk. Penyakit kaki gajah atau filariasis ini dilakkan dengan tujuan untuk menangani secara dini terjadinya penyakit kaki gajah dengan membunuh terlebih dahulu larva dan parasit yang sudah berkembang di dalam tubuh penderita.

Penyakit Kaki Gajah Atau Filariasis

Penyakit Kaki Gajah Atau Filariasis

 Penyakit Kaki Gajah

Pencegahan penyakit kaki gajah atau filarasis dengan memeriksakan ke dokter dan dengan melakukan penanganannya melalui pemberian obat-obatan sehingga penularan tidak terjadi pada orang lain. Perlunya pemahaman masyarakat tentang penyakit kaki gajah secara meluas merupakan salah satu hal yang efektif yang bisa dilakukan untuk menekan terjadinya penularan penyakit kaki gajah.

Penyakit kaki gajah atau filarasis memang bukanlah penyakit yang mematikan. Namun penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang memalukan karena gejala yang ditunjukkan dari penyakit kaki gajah ini adalah pembesaran pada kaki misalnya yang terserang.

Biasanya mereka yang terserang penyakit kaki gajah ini akan dialami diusia anak-anak dan perlu waktu alam untuk berkembangnya penyakit ini. Biasanya seseorang yang terserang penyakit  kaki gajah atau filariasis ini akan menular jika seseorang digigit nyamuk yang sudah terinfeksi. Namun nyamuk yang sudah terinfeksi ini adalah nyamuk yang sudah mengandung larva yang stdiumnya adalah III (L3). Namuk ini mendapatkan cacing filarial yang kecil ata microfilaria saat menghisap darah si penderita yang sudah mengandung microfilaria atauu juga binatang yang reservoir yang mengandung mikrofilaaria juga.

Siklus dari terjadinya penularan penyakit kaki gajah atau filariasis ini bisa terjadi melalui dua tahap, yakni tahap perkembangan di dalam tubuh nyamuk atau vector dan juga tahap keduanya adalah perkembangan yang terjadi di dalam tuh manusia atauu hospes dan juga reservoir.

Cara Pencegahan Kaki Gajah

Cara pencegahan penularan bisa Anda lakukan juga dengan menghindari terjadinya gigitan nyamuk atau vector yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Pencegahannya adalah dengan tidur dalam keadaan ventilasi rumah yang tertutup dengan kasa, penggunaan obat nyamuk, dan juga mengoleskan obat antinyamuk ke tubuh.

Penularan dari penyakit kaki gajah atau filariasis adalah lewat nyamuk yang menjadi vektor dengan craa mengisap darah seseorang setelah sesudah mengalami infeksi penularan yang terjadi sebelumnya. Kemudian darah yang mengalami infeksi dan juga mengandung larva dans etelah itu akan ditularkan pada orang lain lagi disaat nyamuk yang mengalami infeksi kemudian menggigit dan mengisap darah dari orang tersebut. Namun tidak seperti penyakit malaria dan penyakit demam berdarah, penyakit kaki gajah bisa ditularkan dari 23 jenis spesies nyamuk yang berasal dari genus Anopheles, Fulex, Mansonia, Aeedes & amp, Armigeres. Akibat hal inilah, penyakit kaki gajah atau penyakit malaria bisa menular dengan proses yang sangat cepat.

Gejala Penyakit Kaki Gajah

Gejala dari penyakit kaki gajah atau filariasis ini adalah biasanya terjadi pada masa kanak-kanak, dimana dalam waktu yang lebih lama sekitar selama bertahun-tahun kemudian akan terasa perkembangan yang terjadi.

Gejala akut dari penyakit kaki gajah adalah :

  1. Demam yang terjadi secara berulang sekitar 3-5 hari, demam ini kemudian akan menghilang jika dibawa istirahat yang cukup dan akan muncul lagi jika si penderita melakukan aktivitas dengan berlebihan.
  2. Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening tanpa adanya suatu luka, didaerah sekitar lipatan paha, ketiak dan juga nampak berwarna seperti kemerahan, panas, serta sakit.
  3. Radang pada saluran kelenjar getah bening yang rasanya seperti panas dan agak sakit yang kemudian akan menjalar dari arah pangkal kaki atau juga pada pangkal lengan menuju ke arah ujung atau arah retrogade lumphangitis.
  4. Filarial abses akibat dari seringnya penderita mengalami suatu pembengkakan pada kelenjar getah bening, kemudian akan bsia pecah dan setelah itu mengeluarkan nanah serta mengeluarkan darah.
  5. Pembesaran yang terjadi pada tungkai, lengan, payudara, dan buah zakar yang nampak berwarna kemerahan dan akan terasa panas.

Sedangkan gejala penyakit kaki gajah atau filariasis yang kronis yakni adalah suatu pembesaran yang terjadi secara menetap pada bagian tungkai, lengan, serta bagian buah dada, dan buah zakar.

Pemeriksaan Penyakit Kaki Gajah

Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit kaki gajah bisa dideteksi lewat suatu pemeriksaan secara mikroskopis darah. Dan sampai saat ini hal tersebut masih bisa dirasakan sulit untuk dilakukan karena kandungan mifrofilaria yang biasanya hanya muncul dan timbul dan juga menampakkan dirinya dalam darah di saat malam hari dan selama beberapa jam seja. Selain itu lagi, berbagai dari metode pemeriksaan yang dilakukan untuk bisa melakukan diagnosa pada penyakit kaki gajah. Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan sistem yang lebih dikenal kepada penjaringan membran. Metode dari konsentrasi Knott dan Teknik pengendapan. Pada metode pemeriksaan yang sudah lebih dekat ke arah diagnosa dan juga sudah diakui oleh WHO adalah dengan melakukan jalan suatu pemeriksaan sistem Tes kartu. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat sederhana dan juga sangat peka untuk bisa membantu mendeteksi terjadinya penyebaran pada parasit yakni adalah seperti larva. Caranya adalah dengan memgambil sample dari darah sistem tusukan jari droplets kapan saja, tidak hanya dilakukan di malam hari.

Penyakit Kaki Gajah Atau Filariasis


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Kaki Gajah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kaki Gajah and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *